Kegiatan Gotong Royong Minggu Bersih

Administrator 16 Oktober 2018 11:56:26 WIB

Desa Citaman Jernih.- Warga Desa Citaman Jernih Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Dari jam 08.00 Wib Hingga habis Sholat Dzuhur, Minggu (14/10) kemarin melaksanakan gotong royong bersihkan lingkungan pemukiman, penggalian parit dan penimbunan ruas jalan raya yang berlubang. Kegiatan itu, dipimpin langsung Kades LIAN LUBIS.

            Kegiatan Gotong Royong bagi warga Dusun IV Desa Citaman Jernih sudah menjadi tradisi dalam setiap kehidupan kemasyarakatan, “Gotong royong sudah menjadi tradisi warisan yang masih eksis hingga sekarang dan solusi  menyelesaikan pekerjaan yang dianggap mengganggu roda kehidupan social keagamaan,” ujar Nurdin.  Sembari mengakui bahwa kondisi jalan raya yang melintas di tengah desa, rusak berlubang. Pada saat musim hujan, ruas jalan dipenuhi air bah yang mengenanginya.

            Dengan dibantu ketua LKMD M. ANWAR, Kepala Dusun IV MARJONO dan anggotanya serta tokoh masyarakat, Minggu (14/10) terlihat warga Roi tumpah ruah di jalanan dan dalam lingkungan pemukiman baik tua dan muda guna bergotong royong membersihkan lingkungan dan menutup kubangan yang ada di tengah jalan raya. ”Saya sangat senang, warga Dusun IV mau bergotong royong menimbun ruas jalan yang berlubang dan menggali parit yang sudah dangkal,” terang LIAN LUBIS.

            Kegiatan dilaksanakan hari Minggu, terangnya, dikaitkan dengan program pemerintah yakni Minggu Bersih. Musim hujan tiba, maka parit dan lingkungan pemukiman warga harus di bersihkan agar tidak menimbulkan penyakit nantinya.

            Terjadinya kubangan disaat usim hujan, papar LIAN LUBIS, karena parit dangkal sehingga air meluap. Disamping itu, tidak ada parit pembuangan. Kalaupun ada, kata dia, sudah dangkal. “Inilah penyebabnya, kami juga kewalahan guna mencari  solusinya. Dimana harus membuat parit dan membuang limbah air hujan bila banjir dating,” cerita LIAN LUBIS.

            Kegiatan gotong royong setiap Minggu, adalah sudah menjadi agenda  pemerintah desa. Gotong royong kali ini, sepanjang 1 kilometer. “kita gotong royong sepanjang jalan raya, hamper mencapai 1 kilometer jauhnya.” Ungkap LIAN LUBIS yang diamini M. ANWAR Ketua LKMD Citaman Jernih.

            Menurut Ketua LKMD, M. ANWAR, kondisi jalan raya di Dusun IV rusak dan kerap menimbulkan cekcok mulut diantara para pengguna jalan. Pasalnya, pejalan kaki sering terkena cipratan air limbah bila ada kndaraan roda dua maupun roda empat yang lewat. ”Terkadang timbul cekcok mulut diantara pengguna jalan dengan pejalan kaki, pasalnya para pengendara tidak mau mengurangi kecepatan motornya bila masuk ke kubangan yang ada di tengah jalan raya,” Pungkas  M. ANWAR .

 

Editor : MUHAMMAD NASHIRRUDIN LUBIS

Penulis : IRDA NINA SARI

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Citaman Jernih

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung